Alat ini Mampu Membuat Tubuh Amputasi Merasakan Sentuhan


thumbnail
Alat ini Mampu Membuat Tubuh Amputasi Merasakan Sentuhan alat-ini-mampu-membuat-tubuh-amputasi-merasakan-sentuhan

Orang yang mengalami amputasi di tubuhnya dan menggunakan anggota tubuh palsu tidak dapat merasakan apapun pada bagian tersebut. Namun sekarang, peneliti berhasil merancang sebuah alat yang mampu membuat lokasi amputasi bisa merasakan lagi. 

Alat tersebut dinamakan e-skin. Bentuknya persegi panjang tipis dan ditempelkan pada anggota tubuh baru tersebut.  E-skin dilengkapi dengan sensor yang bisa mengukur tekanan, suhu, aliran udara, dan kelembapan pada kulit. 

"Jika kamu berpikir tentang apa yang bisa kulit sungguhan lakukan, kulit sungguhan mencegah orang terbakar dan bisa mencegah orang terluka. E-skin pada dasarnya menyerupai fungsi kulit tersebut. Setidaknya, itulah bagian paling penting dari kulit elektronik," ujar peneliti Wei Zhang, dilansir dari Tech Times, Minggu 11 Februari 2018. 

 

Nantinya, pengguna bisa merasakan tekanan pada kulit tersebut. Misalnya pada kulit tangan palsu, e-skin mampu membuat pengguna merasakan sentuhan saat memegang gelas tanpa harus memecahkannya. E-skin diperkirakan bisa digunakan pada robot juga. 

Selain itu, alat ini juga bisa diperbaiki jika robek atau rusak, dengan cara merendamnya pada larutan daur ulang. Namun, proses penyembuhannya tidak akan sehebat pada robot di film Terminator

"Alat ini menghasilkan teknologi ekonomi dan ramah lingkunan yang bisa digunakan pada robot, anggota tubuh pasca amputasi, kesehatan, dan teknologi manusia komputer," jelas Wei.

Total
80 Good

User Rating

8/10
Your Rating: 8 Total User Rating: 9.0 (10 votes)

Komentar Dari Artikel ini

Leave a Comment